Senin, 01 Oktober 2012

MANFAAT PADI



            Oriza sativa yang lebih dikenal dengan padi merupakan  sumber makanan pokok. Orang Indonesia menjadikan padi sebagai tanaman pokok, karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan menjadi sumber energy bagi tubuh. Nasi merupakan makanan atau sumber energy bagi tubuh yang berasal dari padi. Di setiap rumah makan pasti ada nasi, karena merupakan makanan pokok.
            Tahukah kalian bagaimana petani bisa menghasilkan padi ? padi di tanam di tempat yang berlumpur yang di sebut sawah,  tapi adajuga padi yang di tanam di tempat tinggi yang di sebut huma. Petani menyiapkan lahan untuk menanam padi, bibit padi siap di tanam setelah lahannya siap untuk di Tanami benih padi. Padi membutuhkan kurang lebih 3 bulan sampai panen, padi yang siap untuk di panen yaitu yang sudah merunduk, karena itu indikator buah padi sudah berisi.
            Nah mulai dari sekarang kita harus lebih bisa menghargai petani, karena berkat mereka kita bisa makan nasi. Coba bayangkan jika para petani tidak menanam padi apakah kita bisa makan nasi, maka dari itu cobalah kita belajar menanam padi agar kita bisa memproduksi padi sendiri. Makan nasi dari padi hasil sendiri lebih enak, di samping itu kita tidak perlu membeli beras yang harga mahal, malahan kita bisa mendapatkan keuntungan jika kita menanam padi sendiri yaitu kita bisa menjual padi itu berupa gabah ataupun beras.
            Beras bisa di olah menjadi beberapa kue atau pun makanan ringan contohnya itu tape ketan  yang terbuat dari beras ketan, opak beras,rangginang.merupakan makanan ringan yang terbuat dari beras, makanan ini sering di jumpai sebagai jajanan atau oleh-oleh sebuah daerah. Makanan ringan ini juga banayak di nikmati banyak orang, dari yang muda sampai yang tua.
            Banyak orang yang menyepelekan jasa petani, padahal mereka tidak tahu rasanya jadi petani apalagi mereka sering membuang-buang nasi itu sama saja tida menghargai usaha petani. Bagaimana coba jika tidak ada petani yang mau menanam padi lagi ? semua orang pasti protes, benar kan ? orang yang suka membuang-buang nasi mulai dari  sekarang belajar menghargai makanan. Ingat nasi merupakan makanan pokok bagi Negara kita.
            Mesin membutuhkan energi untuk bisa berjalan yaitu bensin, begitu pula manusia yang membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas. Tidak seperti mesin yang butuh bensin untuk berjalan, manusia butuh asupan energi yang cukup untuk melakukan aktivitasnya, manusia perlu karbohidrat untuk di gunakan sebagai energi. Nah nasi merupakan sumber karbohidrat yang tinggi, makanya sebelum melakukuan aktivitas kita harus makan dulu agar aktivitas kita berjalan dengan baik.
            Banyak gangguan dalam merawat tanaman padi salah satunya tikus sawah, tikus menjadi musuh para petani karena tikus merupakan hewan pengerat yang suka memakan padi dari padi itu belum berbuah sampai padi siap di panen. Tikus sawah suka membuat lubang-lubang di sawah, mereka sering merusak tanaman padi pada jumlah yang besar. Tikus sangat meresahkan petani apalagi jika tikus itu dalam skala yang besar, tidak bisa di bayangkan.
            Di beberapa daerah makanan pokoknya bukan nasi tapi yang lain seperti singkong, kacang-kacangan,sagu. Tapi di daerah kita makanan poko yang kita konsumsi yaitu nasi, menurut saya nasi itu merupakan hal pokok. Jika di rumah tidak ada nasi kurang lengkap rasanya, apalagi jika makan tidak pakai nasi rasanya tidak kenyang.  Tapi ada orang yang tidak suka nasi, orang itu lebih suka mengkonsumsi kue.
            Nasi yang berasal dari beras, sering menjadi bekal ke sekolah, sering di buat nasi goreng. Bahkan sekarang ada burger nasi, yaitu roti yang terdapat di burger di ganti dengan nasi yang di padatkan, rasanya tidak kalah enak dengan burger biasa. Malahan burger nasi ini lebih di minati karena lebih mengenyangkan. Gila, nasi aja bisa di buat burger, coba inovasi lain semoga aja kita bisa lebih memanfaatkan padi dengan kreatifitasmu.
            Beras yang bagus yaitu beras yang bersih, dalam bberas kita suka menemukan kutu beras yang membuat kualitas beras menjadi jelek. Agar beras tidak di tempppati kutu beras maka kita harus menyimpannya di tempat yang bersih, jangan sampai ketika beras di masak ada butiran hitam di nasi yang kita makan. Apalagi jika kutu beras itu banyak.
            Kita sering tidak tahu bahwa padi merupakan tanaman yang memiliki umur pendek. Padi di panen hanya dalam 3 bulan saja , tapi merawat tanaman padi tidaklah mudah, jika pengairan tidak di perhatikan bisa-bisa sawah akan kekeringan dan menyebabkan gagal panen. Juga jangan terlalu banyak airnya itu bisa membuat akar padi busuk.
            Cobalah kalian mulai dari sekarang lmencoba menanam padi supaya tahu bagaimana capennya jadi petani dan supaya kita bisa menghasilkan padi sendiri, bukan tiddak mungkin suatu hari nanti kita akan menjadi pengusaha beras yang sukses dan bisa menciptakan kreatifitas dari nasi.
Semua yang di tanam dengan baik akan memperoleh hasil yang baik pula.










                 PENULIS


TATANG SURYANA SMAN 1 BAYAH

0 komentar:

Text

Blogger Tricks

Blogger Themes

AL-MUCHTARIAH. Diberdayakan oleh Blogger.

Ikuti Saya Lewat email

Translate

PENGENALAN PROFIL

Foto Saya
Lebak, Banten, Indonesia
Nama saya adalah Wawan Setiawan. Saya lahir pada tanggal 22 april 1995 tepatnya di kammpung saya kampunng tercinta Cikondang Raya, desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng, Lebak, Banten-Indonesia. Nama panggilan saya bermacam-macam ada yang manggil saya jedut, ustad tipeng, Onerai dan ekaw. saya adalah orang yangg bepandangan bahwa hidup itu hanya lewat (sementara) meskipun saya sendiri banyak dosa. akhir kata saya harap blog yang saya buat ini berguna bagi para pembaca dan saya mohon perlindungan kepada Allah supaya blog saya dijauhkan dari hal-hal yang berbau maksiat.

AWONE LOVERS

Silahkan dishare

Mangga dipilarian

Memuat...